6.23.2010

Burung Unta

Burung unta merupakan burung terbesar yang masih hidup di alam ini. Dengan ketinggian hingga 2,5 meter/ 8 kaki dengan berat 120 kg. Ia cukup besar untuk ditunggangi oleh seorang dewasa berbadan kecil. Dan mereka telah di gunakan di sebagian Afrika Utara dan Arab sebagai hewan tunggangan perlombaan. Burung ini tidak dapat terbang dan termasuk dalam kumpulan primitive yang kurang dikenal, yaitu ratit (paleognathus). Nama ilmiahnya Struthio camelus.Habitat dan Morfologi


Burung unta berasal dari sabana dan bagian gunung Afrika di utara dan selatan zona hutan khatulistiwa. Spesies yang terdapat di Timur Tengah yakni S. C. Syriacus telah lenyap. Burung ini tidak dapat terbang. Tapi sebagai gantinya, burung unta mempunyai kemampuan lain supaya mereka dapat lepas dari pemangsanya. Mereka dapat berlari sangat cepat dengan kecepatan mencapai 70 km/jam.

Burung unta adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu. Bulu mereka tidak berfungsi sebagai keranjang udara, tetapi pernah populer sebagai hiasan, topi wanita, dan sebagainya. Paruhnya tidak bergigi. Burung unta mempunyai dua jari di kakinya. Satu jarinya jauh lebih besar dibanding yang satunya. Dan burung unta berlari hanya pada jarinya yang besar. Selain berlari, untuk melindungi diri dari musuhnya, mereka menendang pemangsanya.


Kebiasaan dan Perkembangbiakan


Burung unta terkenal dengan sarang masyarakat, di mana beberapa ekor burung betina akan bertelur dalam satu sarang, untuk dierami oleh betina pada waktu siang dan jantan pada waktu malam. Telur burung unta adalah telur terbesar di dunia. Mereka menggali lubang yang sangat dalam di pasir dan meletakkan semua telur di dalamnya. Tapi ketika mereka bertelur lebih dari 10-12 butir , mereka perlu mengubah ukuran lubang tersebut supaya cukup. Jika burung unta membuat lubang di tanah sebagai ganti pasir, ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama, menyebabkan mereka mengeluarkan banyak energi.

Sesungguhnya menggali pasir adalah lebih mudah dibandingkan tanah. Kita bahkan dapat menggali pasir dengan tangan, sementara kalian akan membutuhkan sekop untuk menggali tanah. Dengan alasan inilah, burung unta lebih suka menggali pasir daripada tanah sehingga menghemat tenaganya. Kemudian mereka menutupi telur-telur ini dengan pasir lagi tanpa kesulitan.

Satu hal lagi yang menarik dari burung unta adalah perjagaan dan perawatan semua telur dalam sebuah kelompok hanya ditangani oleh seekor burung unta betina. Tapi karena sarang hanya dapat melindungi sejumlah telur, burung unta betina itu mengutamakan telurnya sendiri. Burung unta mengenali telur-telurnya melalui pori-pori udara pada kulit telur tersebut.

Anak-anak burung unta yang baru menetas keadaannya sangat tidak berdaya. Dalam setiap waktu, mereka dapat diserang oleh burung-burung pemangsa. Saat burung-burung unta yang baru menetas tersebut merasa ada bahaya, mereka berbaring di atas tanah dan berpura-pura mati. Melalui cara ini, para pemangsa mengira mereka telah mati dan tidak menyerangnya. Tanpa kecuali, semua anak burung unta melakuakan pertahanan diri dengan cara ini.

Menurut kepercayaan rakyat, burung unta terkenal karena menyembunyikan kepala dan leher mereka ke tanah untuk melindungi diri bila predator mendekat. Apabila terancam, burung unta mampu membuat predator mendekat. Apabila terancam, burung unta mampu membuat predatornya luka parah dengan tendangan kaki mereka yang kuat

0 komentar:

Posting Komentar